27 May 2007

Save Our Earth


Aku gag bisa mambayangkan bagaimana jadinya kabupaten Sidoarjo tempat aku tinggal saat ini. Selain lumpur lapindo yang masih mengalir dengan derasnya tanpa henti, disini pun banyak sekali berdiri pabrik-pabrik yang jelas membuang bahan-bahan kimia. Disepanjang jalan Sidoarjo pun masih gersang dan jarang ditemui pohon-pohon besar atau rindang, siang hari udara disidoarjo pun terasa panas menyengat. Tentu saja telah terjadi pemanasan global dan polusi udara. Tau gag guys konon katanya pemanasan global dan polusi bisa mengubah kelamin beberapa jenis kadal dan kodok.
Aku rasa ini gag hanya terjadi di Sidoarjo saja, begitu juga dengan daerah2 lain seperti hutan kalimantan yang diperkirakan bakal hilang seluruhnya pada tahun 2010. Bahkan isu yang santer adalah Jawa Timur akan tenggelam 30 tahun kemudian. Coba kita bayangkan disaat suhu global meningkat, maka akan diikuti mencairnya es dikutub kemudian merubah kondisi air laut yang akan merusak terumbu karang dan punahnya species yang gag mampu beradaptasi.
Fakta yang saya baca dari sebuah majalah adalah sekitar 6% terumbu karang diperairan Indonesia yang kondisinya masih terawat, 14,6 juta hektar hutan Indonesia hilang tiap tahunnya, kurang dari 50 ekor badak Jawa yang masih bertahan hidup dihabitat aslinya, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon.
Cukup sudah kita menyakiti bumi ini, klo bukan kita yang menjaga, menyelamatkan dan melestarikan siapa lagi??, bumi ini adalah milik kita bersama dan menjadi tanggung jawab kita juga. Klo tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh bumi kita ini maka dimulai dengan hal-hal yang kecil dulu seperti hemat listrik dan air dalam keseharian. Kegiatan 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle perlu kita terapkan juga dalam keseharian misalnya jika biasanya kita beli lotion dalam kemasan kecil, lebih baik yang besar sekalian untuk mengurangi sampah, kemudian beli produk2 yang bisa isi ulang dll. Contoh nyata dalam menyelamatkan bumi ini juga bisa dengan menanam pohon dijalan, karena terbukti satu pohon bisa mengurangi 1 ton karbondioksida dan membuat udara disekitarnya bersih.
mau lebih nyata lagi menjaga bumi ini ?? coba kmu buka www.wwf.or.id disana kita bisa menjadi donatur dan bisa cari-cari informasi mengenai pelestarian alam serta apa saja yang bisa kita lakukan untuk bumi tercinta kita ini.
Yuk Kita Contoh mereka :
1. Maria Silva dari Brazil sebagai pejuang perlindungan hutan Amazon mewakili Amerika Latin dan Karibia.
2. Viveka Bohn dari Swedia sebagai negosiator penggunaan bahan kimia aman mewakili Eropa.
3. Cherif Rahmani dari Algeria sebagai menteri Lingkungan yang memperjuangkan Undang-undang Lingkungan mewakili Afrika.
4. Al Gore dari Amerika Serikat sebagai aktifis pencegahan perubahan iklim global mewakili Amerika Utara.
5. Elisea Gillera Gozun dari Filipina sebagai aktifis lingkungan Ecowatch mewakili Asia Pasifik.
6. Pangeran El-Hasan Bin Talal dari Yordania sebagai pencetus kebijakan negara berwawasan lingkungan mewakili Asia Timur
hayooooo....sapa yang mau nyusulll ????

No comments:

Post a Comment