29 April 2007

loneliness n emptiness


Masalah kesepian sepertinya udah menjadi penyakit paling umum di setiap zaman. Penyakit ini tidak pandang usia, baik anak kecil, remaja, dewasa bahkan nenek2 pun bisa merasakan yang namanya kesepian. Penyebabnyapun bermacam-macam, ada yang ditinggal pacar, ada yang merasa hampa karena gag ada ikatan emosional dengan seseorang, tidak punya sahabat, ditinggal pergi orang yang kita sayangi dan lain-lain.


Pada umumnya orang yang kesepian tidak bisa diprediksi alias gag bisa ditebak apakah orang itu lonely atau tidak. Orang yang cerah, ceria, lucu, disenangi dalam pergaulan tidak menjamin bahwa dia adalah orang yang bahagia, dibalik itu dia bisa saja orang yang kesepian dan hampa. Selain itu ada juga yang berada di keramaian, dikelilingi teman-temannya tapi masih terasa sepi dan hampa. Hmmmm…kasiyan ya…..


Rasa sepi erat hubungannya dengan haus akan kasih sayang. Kurangnya kasih sayang dan perhatian memicu terjadinya rasa sepi. Klo rasa sepi sudah terlanjur dirasakan seseorang biasanya timbul rasa cepat tersinggung, negative thinking, hilangnya rasa percaya diri, merasa tidak dihargai dan yang paling parah jangan sampai rasa sepi tersebut menyebabkan apa yang dinamakan depresi.


Kebanyakan anak-anak muda merasa kesepian dan haus akan kasih sayang yang akhirnya mencari pelarian yang salah. Mencari perhatian dan kasih sayang dengan jalan yang kurang tepat, sehingga biasanya menjadi salah pergaulan.


Aku mencoba untuk menulis beberapa alternative supaya kita tidak merasa kesepian lagi, jika ini tidak berhasil, tetapi setidaknya ini bisa mengurangi rasa sepi kita, let’s check it out guys :



  1. Ayo kita perhatikan diri kita sendiri, dengan cara mengembangkan hobi, melakukan tugas seoptimal mungkin, atau melakukan perawatan dan kecantikan tubuh supaya kita bisa menghargai diri sendiri.

  2. Memberi perhatian dan kasih sayang kepada orang lain adalah cara yang ampuh untuk mendapat perhatian dari orang lain juga. Ibaratnya jika kita menabur benih maka kita juga yang akan menuai hasilnya.

  3. Bisa juga membuka friendster kita dan membaca testimonial dr temen2 supaya kita bisa berfikir bahwa masih ada teman2 yang perhatian dan sayang dengan kita.

  4. Tetapkan pikiran bahwa keluarga adalah satunya2 yang paling bisa memberikan kasih sayang sepanjang masa.

  5. Tingkatkan keterampilan bergaul, agar kita memiliki banyak teman.

  6. Sholat 5 waktu adalah cara paling ampuh untuk mengingat bahwa masih ada Tuhan yang selalu memperhatikan kita dan gag akan membiarkan umatnya.

  7. Jika rasa sepi sudah mencapai tingkat depresi, gag ada salahnya jika kita pergi ke psikolog atau ahlinya.

Oke guys segitu aja semoga bermanfaat, good bye deh loneliness, hidup terlalu indah untuk disia-siakan, so enjoy this life guys :)



No comments:

Post a Comment